5 Cara Budidaya Ikan Ramirezi Mudah bagi Pemula

Budidaya ikan ramirezi atau ikan balon adalah budidaya ikan hias pada air tawar. Budidaya ini terbilang mudah seperti budidaya udang. Ikan balon, berdasarkan info yang didapat dari Suksespedia, memiliki banyak variasi warna, sehingga masuk dalam golongan ikan hias paling populer.

5 Cara Budidaya Ikan Ramirezi Mudah Bagi Pemula

Berikut adalah poin-poin budidaya ikan ramirezi untuk pemula yang wajib diperhatikan.

1. Persiapan Kolam Ikan

Cara budidaya ikan balon adalah memperhatikan atau atur kolam, memakai akuarium dengan volume air 5-10 galon. Suhu ideal adalah 27-30 derajat celcius, kondisi air hangat sangat penting untuk perkembangbiakan.

pH air terbaik adalah 4-7, ikan hias ini membutuhkan air netral untuk menjaga kecerahan warna tubuh.

Selain itu, rajin ganti air secara rutin dan berikan tempat sembunyi karena sifat ikan Ramirezi adalah pemalu.

2. Pemijahan Ramirezi

Gunakan akuarium khusus ukuran 40×40 cm, ketinggian air 25-30 cm dan tambahkan substrat sebagai wadah menempelkan telur. Anda bisa menggunakan keramik lantai atau pipa PVC untuk substratnya.

Bersihkan akuarium sebelum digunakan untuk pemijahan. Selanjutnya, pakai sistem pemijahan massal, perbandingan 1:1 untuk jantan dan betina. Pakai air asam dengan pH dibawah 6,5.

  • Indukan jantan siap kawin jika warna tubuhnya tampak cerah dan bagian sirip lebih panjang.
  • Indukan betina tampak gendut pada bagian perut, dengan telur menetas tiga hari menjadi larva.

3. Budidaya Larva Ikan Ramirezi

Ketika telur menetas, diberi pakan larva rotifera, infusoria. Atau, kutu air dan pastikan pakan tersebut sudah anda haluskan. Induk akan mengasuh larva hingga 21 hari.

Setelah 21 hari, pisahkan dari indukan, dan beri pakan kutu air atau cacing sutera yang sudah dihaluskan. Mulai berikan pelet halus secara bertahap.

4. Tips Warna Ramirezi Balon Cantik

Ramirezi tidak perlu lahan luas, karena anda dapat melakukan budidaya pada kolam, namun warnanya dapat memudar.

Saat proses pemijahan, anda bisa meletakkan ikan ramirezi dalam satu akuarium, yaitu ramirezi liar untuk menghasilkan anakan bercorak cantik.

5 Cara Budidaya Ikan Ramirezi Mudah Bagi Pemula

5. Penyakit Ikan Ramirezi

Budidaya ikan Ramirezi juga harus memperhatikan penyakit karena air kurang baik. Sehingga, ikan balon mudah stres dan terkena beberapa penyakit umum seperti white spot, tuberculosis ikan dan lainnya.