Apa Jenis Peluang Kerja IT Favorit Anda?

Bagi banyak orang, istilah pekerjaan IT memunculkan gambaran tentang pekerjaan programmer dan pengembangan komputer. Dua profesi itu memang adalah pekerjaan IT yang paling umum dan populer, tetapi ada banyak lagi di luar sana jenis lain pekerjaan IT. Beberapa orang bahkan mungkin tidak menyadari bahwa mereka sedang melakukan pekerjaan IT. Ambil contoh satpam di gedung atau pusat perbelanjaan; orang ini menggunakan teknologi untuk memantau lingkungan mereka dan memastikan keamanan.

Menurut data informasi lowongan pekerjaan IT, terdapat tiga pekerjaan IT yang menjadi sangat penting akhir-akhir ini selain programmer. Mari kita lihat tiga pekerjaan IT paling penting di tahun 2021.

Data Science

Data adalah aset bisnis yang kuat. Data dapat digunakan untuk melacak tren, mengoptimalkan proses, atau membuat produk dan layanan yang sangat dipersonalisasi yang akan menarik bagi pelanggan pada tingkat pribadi. Selama beberapa tahun terakhir, telah terjadi ledakan dalam pembuatan data.

Data science, atau istilah yang lebih formal disebut dengan ahli statistik, mereka bekerja dengan data yang dikumpulkan dari berbagai sumber termasuk situs web, platform media sosial, dan aplikasi untuk mengidentifikasi tren dan pola yang mungkin berguna untuk menciptakan produk dan layanan yang sangat personal. Seorang data science membutuhkan gelar lanjutan dalam Matematika atau Statistik serta pengalaman dalam pemrograman. Mereka akan menggunakan alat analitik data besar seperti Hadoop, SQL, dan SAS untuk melakukan pekerjaan berat yang terkait dengan analisis volume data yang besar. Permintaan akan ahli statistik berbakat akan tumbuh lebih dari 28% dalam lima tahun ke depan!

Pakar Keamanan Cyber

Penjahat dunia maya tumbuh lebih canggih, menggunakan teknologi dan teknik yang terus berkembang untuk meretas ke dalam sistem dan mencuri informasi sensitif. Tapi jangan terlalu khawatir! "Orang baik" ada dalam kasus ini, yaitu para pakar keamanan siber. Banyak yang mengharapkan bidang ini tumbuh dengan perkiraan lebih dari 22% dalam lima tahun ke depan.

Profesi ini biasanya adalah seseorang yang akan mendiagnosis apakah pelanggaran keamanan telah terjadi, dan jika demikian, pastikan bahwa masalah ini segera diperbaiki. Kandidat yang ideal untuk profesi ini harus memiliki gelar yang relevan di bidang Teknologi Informasi atau Keamanan Cyber, meskipun ada kebutuhan yang berkembang untuk kandidat dengan gelar bisnis juga. Meskipun ini bukan pekerjaan IT yang paling teknis di luar sana tapi tetap saja profesi ini memang membutuhkan pengetahuan dan keterampilan yang sangat khusus.

UI/UX Designer

Jika Anda menginginkan pekerjaan IT yang lebih kreatif, maka peran desainer UI/UX mungkin cocok untuk Anda. Ini pada dasarnya adalah seseorang yang ada dalam tahap pengembangan aplikasi yang bertugas untuk memastikan bahwa perangkat lunak atau aplikasi apa pun yang dibuat akan mudah digunakan, terlihat bagus, dan yang terpenting adalah mencapai tujuannya.

UI/UX Designer biasanya bekerja sama dengan programmer. Biasanya mereka pertama-tama akan menentukan layout atau tampilan dasar aplikasi, dan kemudian membuat gambar rangka atau prototype yang memberi bayangan bagaimana aplikasi tersebut dapat dipakai oleh pengguna.