Bahan Baku Mebel Kayu

Untuk anda yang ingin usaha sebuah mebel dengan bahan kayu, mungkin artikel ini membantu anda untuk menentukan menggunakan kayu jenis apa dan produk perabot apa yang akan anda buat sebagai memulai usaha anda.

Usaha mebel membutuhkan bahan baku utama yaitu kayu, karena untuk membuat sebuah produk hampir 100% menggunakan kayu, namun tidak semua produk cocok untuk semua jenis kayu, karena bahan baku menentukan model seperti apa, dan finishing seperti apa pula.

Nah kenapa demikian, karena setiap kayu memiliki karakter dan jenis yang berbeda,dari serat kayu tebal dan halus, berminyak dan tidak, ringan dan berat serta mudah pecah atau tidak, ini merupakan beberapa karakter. Dan itu semua menentukan finishing yang bagus untuk jenis kayu tersebut seperti apa.

Berikut bahan baku mebel kayu untuk model produk dan finishing yang pas

1. Kayu jati

Jenis kayu ini kuat, tidak mudah pecah, bisa dibuat menjadi berbagai jenis model mebel minimalis, ukiran, dan lainnya, kelemahan kayu jati adalah kurang bisa di finishing duco putih. Karena minyak kayu akan keluar, selain itu kayu jati bisa dibuat sesuka anda untuk menjadi sebuah produk mebel.

2. Kayu mahoni

Kayu ini biasanya digunakan untuk berbagai model klasik dengan finishing duco, beda dengan jati, jenis kayu ini paling bagus untuk produk yang finishing duco putih, emas dan lainnya, serta paling cocok diukir klasik mewah untuk model french dan desain eropa.

3. Kayu trembesi

Jenis kayu ini bisa dikerjakan menjadi sebuah produk yang memiliki kayu alami, biasanya dibuat menjadi meja makan dan kursi dengan papan alami tanpa sambungan, cocok sekali buat anda yang menyukai produk berukuran besar dan alami.

Nah ketiga jenis kayu diatas merupakan bahan baku utama dalam pembuatan Mebel Jepara yang bisa dibuat menjadi model minimalis, klasik, ukiran maupun vintage dan scandinavian sesuai desain yang ada maupun custom desain sesuai hunian konsumen.

Bila anda berminat untuk membuka usaha mebel, jenis kayu tersebutlah yang paling baik dan memiliki durability yang bagus, serta mudah dibentuk dan mudah di ukir serta di finishing sesuai warna yang di inginkan untuk mewujudkan produk anda.