Berbagai Penyebab Umum AC Bocor Beserta Solusinya

Jakarta menjadi salah satu kota besar di Indonesia yang diimpikan banyak orang. Bagaimana tidak, kota ini menyediakan beragam kebahagiaan dan kemudahan akses bagi masyarakatnya, khususnya mereka yang ada di wilayah Jakarta Pusat.

Namun, dibalik sisi positifnya kota ini juga menyediakan beragam masalah. Salah satunya adalah kondisi cuaca yang begitu panas. Tak heran jika semua masyarakat Jakarta lebih menyukai penggunaan Ac dan tidak bisa digantikan.

Penggunaan AC memang mampu meningkatkan rasa nyaman baik dalam istirahat atau pun beraktivitas. Namun, Ac tentu tak serta merta dapat digunakan. Biasanya terdapat beragam masalah yang menyertai dengan penggunaan Ac. Salah satunya adalah masalah AC bocor.

Biasanya orang akan cenderung memanggil jasa service AC Jakarta Pusat untuk mengatasinya. Namun, nyatanya Anda harus mencari tahu terlebih dahulu penyebab Ac mengalami kerusakan. Berikut penyebab AC bocor beserta dengan solusinya.

Tersumbat Aliran Pembuangan

Penyebab pertama AC mengalami kebocoran adalah karena ada sumbatan pada aliran pembuangan. Penyumbatan ini terjadi karena adanya debu beserta kotoran yang menempel pada unit indoor AC. Jika debu lama kelamaan tetap mengendap, maka air akan menetes melalui saluran tersebut.

Solusi yang bisa Anda gunakan adalah dengan membersihkan saluran pembuangan talang belakang AC. Caranya bisa dilakukan dengan menyemprot pembuangan AC hingga akhirnya kotoran dapat keluar.

Masalah Kondensasi

Penyebab lain AC mengalami kebocoran adalah karena masalah kondensasi. Masalah ini disebabkan karena adanya perbedaan suhu yang begitu tinggi di dalam pipa dan juga suhu di luar pipa. Namun, jika Anda memiliki AC baru biasanya hal ini tidak akan dialami. Mengingat kondisi ini hanya terjadi jika Anda telah menggunakan AC lebih dari 5 tahun.

Solusi yang bisa digunakan adalah menggunakan jasa Service AC Jakarta, lalu kemudian mengganti pembungkus pipa lama AC dengan yang baru. Pastikan pemasangan dilakukan dengan benar agar tak terjadi lagi kebocoran pada Ac.

Instalasi AC Yang Salah

Penyebab lain AC mengalami kebocoran adalah karena instalasi yang salah. Hal ini bisa terjadi karena kemiringan pada saat pemasangan saluran pembuangan. Kemiringan yang tidak tepat inilah akhirnya menyebabkan air menetes dari unit AC. Hal ini bisa terjadi pada AC baru atau pun kondisi yang lama.

Jika Anda mengalami beberapa permasalahan AC di atas, maka bisa segera menghubungi jasa service AC. Jangan lakukan perbaikan sendiri, karena kesalahan sedikit saja justru dapat membuat kondisi AC semakin rusak. Sehingga periksakan sekarang untuk dapatkan penggunaan AC yang nyaman.