Cara Mudah Perawatan AC, Bisa Dilakukan Sendiri!

Saat ini hampir semua hal bisa dilakukan sendiri, termasuk merawat AC sendiri. Manfaat melakukan perawatan AC secara mandiri tanpa bantuan tukang service salah satunya adalah bisa menghemat pengeluaran sehari-hari secara signifikan.

Seperti yang sudah kita ketahui saat ini jika AC bukan menjadi barang mewah dan hanya digunakan di beberapa tempat saja. AC kini sudah menjadi barang yang wajib untuk dimiliki, terutama bagi mereka yang tinggal di lingkungan perkotaan.

Dengan memiliki pengetahuan tentang cara perawatan AC sendiri, anda tidak hanya bisa menghemat pengeluaran pribadi. Namun juga menjadi seorang yang lebih mandiri sehingga bisa mengerjakan segala sesuatu tanpa menggantungkan diri pada orang lain. Nah, jika anda ingin bisa merawat AC tanpa bantuan tukang service, berikut ini langkah-langkah yang bisa anda lakukan :

  • Rutin Membersihkan Saringan Udara

Saringan udara atau filter berfungsi untuk menyaring debu agar tidak menempel dan akhirnya menyumbat permukaan evaporator. Jika debu yang menempel tidak segera dibersihkan dan dibiarkan menumpuk, maka udara yang melewati saringan bisa berkurang dan menyebabkan AC tidak dingin. Bersihkan setidaknya setiap 1 atau 2 minggu sekali jika AC sering digunakan.

  • Membersihkan Evaporator

Selain membersihkan saringan udara atau filter, bagian evaporator juga harus dijaga kebersihannya. Membersihkan evaporator bisa dengan menggunakan vacuum cleaner. Cukup arahkan vacuum cleaner ke arah evaporator kemudian bersihkan hingga debu tersedot.

  • Bersihkan Kipas

Memastikan kipas selalu dalam kondisi bersih akan membuat sirkulasi udara tetap optimal dan kerja AC bisa menjadi lebih ringan sehingga membuat AC lebih awet dan tetap dingin.

  • Jangan Mengatur Suhu Thermostat Terlalu Rendah

Thermostat pada AC mempunyai fungsi untuk bisa melindungi AC agar tidak bekerja berlebihan, khususnya pada bagian kompresor.

  • Memeriksa Freon

Freon merupakan salah satu komponen terpenting dalam AC. Freon berfungsi sebagai pendingin sehingga jika kekurangan freon maka AC tidak bisa mendinginkan ruangan secara maksimal.

Nah, itu dia beberapa cara merawat AC sendiri yang diambil dari Mawar Jaya Tehnik. Anda tidak perlu memanggil tukang service untuk bisa melakukannya. Selain itu perhatikan penggunaan AC, disarankan untuk menggunakan AC dalam waktu ideal yaitu selama 5 jam.

Setelah 5 jam digunakan, sebaiknya AC dimatikan agar bisa beristirahat sehingga mesin tidak bekerja secara berlebih. Jika anda takut lupa, gunakan fitur timer agar AC bisa bekerja sesuai dengan waktu ideal.