Hal yang Harus Diketahui Mengenai Cat Interior Mengkilap

Selain warna, tingkat kilau dari cat sangat penting untuk dipertimbangkan mengingat hal tersebut mempengaruhi kenyamanan penghuni ruangan. Ada jenis cat interior mengkilap yang memang didesain agar dapat menghasilkan kilau yang cukup tinggi.

cat interior mengkilap

Jenis cat yang satu ini dapat menghasilkan kilau tinggi bahkan seolah-olah dapat memancarkan cahaya, sehingga membuat ruangan yang dicat dengan cat kilap bersinar terang. Ruangan yang membutuhkan pencahayaan lebih cocok menggunakan cat ini.

Hal yang Harus Dipahami Terkait Cat Interior Mengkilap

1. Jenis Cat

Cat interior mengkilap yang umum dikenal berjenis cat glossy. Cat glossy sendiri terdiri dari dua macam yakni cat semi gloss dan cat high gloss. Efek kilap dari cat glossy berasal dari pantulan cahaya yang membuatnya tampak berkilau.

Jika Anda menginginkan cat yang memiliki tingkat kilap lebih tinggi, maka cat berjenis high gloss bisa menjadi pilihan. Sementara jenis semi gloss memiliki tingkat kilap yang lebih rendah.

2. Menghasilkan Permukaan yang Licin dan Mulus

Penggunaan cat glossy atau cat mengkilap akan menghasilkan permukaan bidang yang licin dan mulus. Hal ini karena cat berjenis glossy akan membuat permukaan tembok yang dilapisi cat tampak mengkilap. Kelebihan dari cat glossy lainnya adalah cat tidak mudah untuk mengelupas atau mengapur.

Hal ini berbeda dengan cat berjenis matte dan satin yang mudah mengelupas setelah digunakan beberapa lama. Masalah pengapuran ini membuat area sekitar dinding menjadi kotor dan dinding menjadi kurang menarik karena berlubang-lubang akibat pengapuran.

3. Mudah untuk Dibersihkan

Salah satu kelebihan utama dari cat mengkilap untuk interior bangunan adalah dinding yang dilapisi cat lebih mudah untuk dibersihkan. Hal ini mengingat permukaan tembok yang dilapisi oleh cat mengkilap akan tampak lebih solid dan licin.

Alhasil, hampir setiap noda yang menempel dapat dibersihkan hanya dengan sekali dilap. Bahkan pada noda-noda yang langsung dibersihkan, noda tersebut dapat dihilangkan sepenuhnya tanpa meninggalkan bekas sama sekali.

4. Harga Cat

Banyak orang yang menyangka bahwa cat interior mengkilap dibanderol dengan harga yang sangat mahal. Padahal, jenis cat satu ini dibanderol dengan harga yang cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan cat yang tidak menimbulkan efek mengkilap seperti cat matte atau doff.

Mahal tidaknya harga cat mengkilap bahkan salah satunya ditentukan oleh tingkat kilauan cat. Apabila tingkat kilau cat tidak terlalu besar, maka harganya cenderung lebih mahal dibandingkan cat yang sangat mengkilap.

5. Basis Cat

Jika dulu orang hanya mengetahui bahwa cat mengkilap identik dengan cat yang menggunakan basis minyak atau oil based paint, maka kini cat mengkilap tidak hanya menggunakan basis minyak saja.

Anda bisa menemukan berbagai jenis cat dengan efek glossy yang tidak menggunakan basis minyak melainkan lateks atau berbasis air. Cat kilap berbasis air mampu menghadirkan cat mengkilap pada dinding dengan tingkat kilap yang cukup memuaskan.

Meski begitu, jika Anda menginginkan hasil yang sangat mengkilap, maka Anda tetap disarankan menggunakan cat glossy berbasis minyak karena tingkat kilapnya masih lebih baik.

6. Tidak Cocok Diaplikasikan di Semua Ruangan

Meski cat glossy memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh jenis cat lainnya, sayangnya cat jenis ini sebenarnya tidak cocok diaplikasikan di semua ruangan. Ruangan tertentu yang ingin kesan hangat sangat tidak cocok dicat mengkilap karena akan menghasilkan kilauan cahaya yang cukup mengganggu.

Sebaiknya hindari penggunaan cat kilap pada permukaan yang cacat seperti tidak rata. Permukaan yang cacat akan sangat terlihat dengan cat kilap.