Ini dia, Bahan Alami untuk Membuat Sabun

Sabun menjadi salah satu perlengkapan mandi yang wajib ada untuk membersihkan tubuh dari bakteri dan kuman setelah seharian beraktivitas. Pasalnya, sabun bisa menyegarkan tubuh dengan aroma yang khas.

Sabun berbagai macam jenisnya, satu diantarnya adalah sabun susu cair yang akan melembutkan kulit. Sebenarnya, selain sabun berbahan dasar susu, ada banyak sabun yang dibuat dengan bahan berkualitas. 

sabun sabun

Berbagai Bahan Alami Sabun

Sabun dibuat untuk membersihkan tubuh dari kotoran secara maksimal. Selain itu, sabun juga dianggap bisa melembabkan dan melembutkan kulit sesuai dengan bahan alami yang digunakan. Beberapa bahan digunakan untuk bahan dasar sabun diantaranya.

Susu

Susu sebagai bahan alami yang sangat baik dalam kandungan sabun. Biasanya yang digunakan adalah susu sapi ataupun susu kambing. Kedua susu dari hewan ternak ini memiliki manfaat masing-masing.

Susu memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Tidak hanya itu, susu juga sangat ampuh untuk mencerahkan kulit. Jadi tidak heran kalau sabun berbahan susu diklaim mampu memutihkan kulit.

Madu

Madu juga jadi bahan alami yang banyak digunakan untuk bahan dasar sabun, baik cair maupun batang. Madu punya kandungan vitamin dan antioksidan yang tinggi. Sehingga mampu mengatasi kulit kusam dan kering.

Maka dari itu, banyak produsen menggunakan bahan alami madu sebagai campuran dalam membuat sabun. Tak jarang juga yang menambahkan madu dan susu sebagai bahan utama agar bisa mendapatkan manfaat besar dari kedua bahan alami ini.

Avocado

Avocado atau alpukat jadi bahan yang tak kalah ampuh untuk membuat kulit jadi lebih cerah. Sterolins pada alpukat sangat tinggi sehingga mampu mencerahkan kulit tubuh dan wajah. 

Selain itu, sabun yang dibuat dari bahan alami alpukat juga bisa digunakan untuk mengurangi kerutan dan menghilangkan flek hitam karena punya kandungan mineral dan kalsium yang cukup. Elastisitas kulit juga akan terjaga karena manfaat dari vitamin K dan A yang terkandung pada alpukat.

Bunga Mawar

Bahan alami lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk membuat sabun adalah bunga mawar. Memiliki kandungan antioksidan dan zat pelembab membuat sabun dari bunga mawar bisa digunakan di tubuh dan wajah.

Beberapa kandungan alami untuk membuat sabun tersebut dapat ditemui pada produk Lervia yang kini berinovasi dengan berbagai macam jenis sabun. Anda bisa menggunakan sabun Lervia untuk membersihkan tubuh saat mandi.