Inilah 5 Jurusan Kuliah Langka yang Mempunyai Potensi Besar

Jika kamu bertanya, manakah jurusan yang mempunyai potensi besar dan sepi peminat, maka kamu bisa melihat jurusan yang kadang jarang dipilih. Bisa dikatakan jurusan itu langka. Namun, dengan sepinya peminat, bukan berarti dalam dunia kerja tidak ada peluang. Justru pada dunia kerja memiliki peluang yang sangat besar, dan hal tersebut tidak disadari oleh mahasiswa.

Kadang memang mahasiswa memilih jurusan yang sudah populer, dan sudah tentu banyak saingannya. Namun, perlu kamu tahu berikut ini terdapat beberapa jurusan yang kurang mendapat perhatian mahasiswa atau bisa dibilang langka, tapi mempunyai potensi besar dalam dunia kerja.

Teknologi Game

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan jurusan kuliah langka ini yaitu Teknologi game. Meskipun sering terdengar, namun jurusan kuliah ini tergolong langka karena tidak semua kampus di indonesia memilikinya. Potensi dari jurusan ini sudah tidak perlu diragukan lagi, apalagi sekarang ini sangat berkembang namanya game online.

Seni Pedalangan

Jurusan yang tergolong langka berikutnya ialah seni pedalangan. Dari namanya saja sudah unik, dan hanya beberapa perguruan tinggi saja yang di dalamnya ada jurusan ini. Selain itu, jurusan dalam dunia seni tersebut mempunyai potensi besar di dunia kerja, apalagi jika kamu berada di daerah yang masih kental dengan kesenian wayang tradisional.

Banyak ilmu yang bermuatan lokal pada seni pedalangan ini, karena jika kamu mengambil salah satu jurusan kuliah langka ini maka jangan kaget kalau diajarkan bagaimana membuat cerita pewayangan hingga menjadi dalang. Jadi buat kamu, yang punya minat dan bakat dalam seni cerita serta pentas-pentas, maka tidak ada salahnya jika masuk ke seni pedalangan.

Teknologi Batik

Jurusan kuliah yang mungkin hanya ada di indonesia selanjutnya yaitu Teknologi Batik. Hal ini selaras dengan pakaian khas yang sekarang mendunia yaitu batik. Bahkan perlu kamu tahu, kepopuleran batik sudah tidak perlu diragukan lagi, banyak tokoh dan lembaga pemerintahan menggunakan batik sebagai seragam harian.

Dengan adanya jurusan teknologi batik ini, diyakini mampu memberikan peluang dan kesempatan besar bagi mahasiswa untuk berkecimpung di dalamnya. Apalagi potensi yang dijanjikan sudah terbukti dan bisa diterima di pasar lokal maupun luar negeri. Selain itu, meskipun tergolong jurusan kuliah langka, teknologi batik ini merupakan  jurusan yang dibutuhkan untuk mengembangkan batik indonesia.

Aktuaria

Aktuaria merupakan salah satu jurusan kuliah langka yang mempelajari tentang keuangan di masa depan. Selain itu, jurusan ini juga memungkinkan kalian untuk menguasai beberapa disiplin ilmu misal matematik dan statistika. Meskipun langka, ternyata jurusan ini cukup diminati mahasiswa, terutama mahasiswa kampus Jakarta. Perlu kalian ketahui juga, jika ingin mengambil jurusan langka dan terbaik, maka tidak ada salahnya jika melihat referensi di universitas terbaik di Jakarta mana yang cocok dengan passion kalian.

Transportasi Laut

Kekayaan alam terutama laut indonesia bisa dikatakan terbesar di dunia. Bahkan, negara yang terlihat hebat pun masih membutuhkan sumber daya alam laut Indonesia. Selain kekayaan alam, perlu kamu tahu potensi lainya yaitu rute lalu lintas perdagangan yaitu melalui transportasi laut.

Mencari jurusan yang sesuai, perlu referensi yang cukup. Oleh sebab itu, untuk mendapatkan informasi yang lengkap perihal kampus dan jurusan yang menjanjikan masa depan, kamu bisa mengakses goKampus.com.

Demikianlah beberapa uraian tentang jurusan kuliah langka yang mempunyai peluang besar di dunia kerja. Sebenarnya masih banyak lagi jurusan yang belum diketahui, dan hal itu kalian dapat mencari referensi di situs yang sudah ditampilkan pada artikel ini.