Inilah Pencemaran yang Terjadi di Laut dan Pesisir

Sebenarnya sudah banyak sekali himbauan supaya tidak melakukan hal-hal yang bisa berpotensi mencemari laut, bahkan dari sejak dahulu sampai sekarang sudah sering dihimbau untuk tidak melakukan atau mengulanginya. Tapi tetap saja terkadang masih ada saja orang yang melakukan hal yang menyebabkan pencemaran pada lingkungan.

Meskipun laut besar dan memiliki kemampuan melarutkan segala jenis zat asing tapi karena semakin banyak limbah yang dibuang ke laut, laut pun perlu dijaga dan kita pun tidak diperbolehkan untuk membuang limbah sembarangan ke laut. Pembuangan limbah ke laut secara terus menerus bisa menyebabkan terjadinya dampak global dari pencemaran laut.

Pengalaman dari tahun sebelumnya pun bisa menjadi hal yang berharga. Memiliki kesadaran akan bahaya yang bisa muncul dari pencemaran laut dimulai saat adanya kebocoran kapal tanker yang mengangkut minyak mentah dalam jumlah yang besar yang terjadi di perairan Prancis pada tahun 1978. Sampai saat ini pun sudah ratusan kejadian yang serupa di lautan, ditambah lagi dengan berbagai kecelakaan yang terjadi pada proses pengeboran minyak lepas pantai yang sudah menumpahkan berjuta ton minyak ke lautan.

Minyak mentah memiliki kandungan ribuan komponen yang berbeda berat molekulnya. Tumpahan minyak yang mengapung di permukaan akan mencakup luasan yang cukup luas sehingga nantinya akan mengganggu aktivitas hewan laut. Selain itu, tumpahan dari minyak ini pun bisa mencelakai burung air karena sayapnya akan jadi lengket karena terkena minyak.

Selain dari tumpahan minyak, pencemaran laut pun disebabkan karena plastik yang tidak terurai. Jumlahnya semakin besar dan dan belum dipastikan dampak lingkungannya. Selain itu, dampak estetikanya pun akan sangat merugikan.

Yuk, mulai sekarang kita tingkatkan kembali kesadaran pada diri kita untuk tidak membuang sampah atau limbah ke lautan lepas. Mungkin dampaknya tidak akan terjadi sekarang, namun di kemudian hari akan terjadi dampak yang merugikan. Seperti laut yang penuh sampah yang seharusnya dibuang ke dalam tong sampah 3 warna, banyaknya hewan laut yang mati karena keracunan limbah dan sampah, serta hal lainnya.