Kapan Sedot Septic Tank Harus Dilakukan? Berikut Ulasannya!

Apakah sedot septic tank harus dilakukan secara rutin? Jawabannya belum tentu, Jika dibangun dengan benar dan dirawat secara rutin dengan tips-tips khusus, septic tank tidak akan cepat menjadi penuh. Hanya saja, memang ada yang menyedot septic tank secara berkala sebagai bagian dalam perawatan rumah. Kapan pemilik rumah harus melakukan penyedotan septic tank? Jawaban ada di bawah ini.

 

1. Bila Saluran Air Mampet

Jika air mengalir dengan lambat boleh jadi itu pertanda bahwa sedot harus segera dilakukan. Apalagi jika saluran air mampet, coba keluarkan seluruh kotoran yang ada di saluran air. Jika masih mampet juga, sudah tidak bisa ditawar lagi, pemilik rumah mesti mengecek septic tanknya. Bila benar itu disebabkan karena septic tank yang penuh, segera panggil jasa sedot WC.

septic tank

2. Ada Bau yang Tidak Sedap

Jika pemilik rumah secara konstan mencium bau tidak enak padahal tidak ada tumpukan sampah atau kotoran di kloset, cobalah mengecek septic tank di rumah apakah sudah penuh. Umumnya septic tank memiliki saluran udara yang fungsinya adalah tempat keluar masuknya udara. Jika septic tank terisi penuh, ada bau busuk yang keluar dari saluran udara ini.

Tidak hanya ke udara, bau busuk bisa meresap ke dalam air tanah yang dipakai untuk keperluan rumah tangga. Walau jarak septic tank dan sumur sudah memenuhi ketentuan, tapi jika septic tank sudah penuh, sumber resapan bisa meluas ke tempat yang lebih jauh. Hal inilah yang menciptakan bau tak sedap pada air yang biasa digunakan untuk keperluan rumah tangga.

3. Ada Kotoran yang Terlihat di Kloset

Ciri-ciri yang ketiga adalah adanya kotoran di kloset. Bila pemilik rumah sudah berkali-kali menyiram kotoran dalam lubang kloset, namun masih ada juga kotoran yang muncul di permukaan air di lubang kloset, ini bisa jadi tanda sedot septic tank mesti dilakukan. Keberadaan tinja di air closet itu adalah tanda bahwa septic tank sudah mampet atau penuh kemudian meluap ke permukaan. Tentunya ini hal yang sangat mengganggu. 

4. Air di Kloset Menyusut

Jumlah air di kloset yang stabil merupakan tanda bahwa kloset maupun septic tank ada dalam keadaan baik. Jika air setelah disiram jumlahnya tidak berkurang, itu menandakan kolet mengalami kemampatan. Hanya saja, jika air itu cenderung menyusut, dan saat disiram air tetap menyusut itu airnya septic tank sudah penuh. 

5. Saat Pembersih Kimia Tidak Mampu Mengurangi Lambatnya Aliran Air

Pemilik rumah perlu memanggil petugas sedot septic tank apabila sudah memakai bermacam-macam pembersih kimia, namun tetap saja tercium aroma tidak sedap dari tangki septic tank. Macam-macam bahan kimia yang dipakai tersebut biasanya adalah obat penumbuh bakteri yang biasa ditanam di septic tank. Cairan anti sumbat yang disiramkan pada lubang kloset, memakai soda api dan sebagainya.

 

Demikian tadi lima hal berkenaan dengan kapan sedot septic tank harus dilakukan. Di zaman maju ini, di samping ada septic tank konvensional, belakangan ini ada Septic Tank Bio. Artinya, pengolahan limbah dari kloset menjadi cairan yang tidak berbahaya bagi lingkungan dengan standar kualitas yang teramat baik.

Septic Tank bio ini dilengkapi oleh media pengurai serta penyaringan tinja, sehingga proses penguraian berjalan maksimal sehingga septic tank tidak penuh. Sistem BioRich juga dilengkapi sistem desinfektan maksimal yang bisa menjernihkan air. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk septic tank BioRich bisa klik link berikut ini https://www.suryafibertek.co.id/septic-tank-biotech/.