Mana Buah Kesukaanmu? Inilah 5 Jenis Buah-buahan Yang Hanya Ada di Indonesia

Di dunia ini dibagi menjadi beberapa iklim, ada negara yang mempunyai iklim tropis, ada juga iklim sub tropis, ada juga iklim sedang dan ada juga iklim dingin. Pada iklim tropis memiliki curah hujan yang sangat tinggi dan cuacanya sejuk hangat tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

Negara-negara yang mempunyai iklim tropis biasanya yang berada dalam jalur khatulistiwa seperti Indonesia, malaysia dan lainnya. Kemudian iklim sub tropis di bagi menjadi beberapa musim yang beragam, ada musim semi, panas, gugur dan juga musim dingin, negara yang beriklim sub tropis seperti Italia, China, Jepang, Korea, dan lainnya. Lalu iklim sedang, kondisinya biasanya lembab dan mendung ketika musim dingin tiba dan pada musim panas kondisinya cerah, kering.

Kemudian ada juga iklim dingin dengan kondisi yang sangat dingin ketika pada musim dingin dan ketika musim panas akan terasa sejuk. Pada setiap iklim maka juga akan mempengaruhi buah-buahan yang tumbuh dalam iklim tersebut. Tidak semua buah akan tumbuh dalam semua iklim jika tidak menggunakan rumah kaca untuk menanamnya. Yang mempengaruhi juga ada kondisi tanah pada tiap iklim tersebut. Di sini kita akan membahas tentang buah-buahan yang hanya ada di Indonesia yang mempunyai iklim tropis. Berikut penjelasannya

1. Rambutan

Buah pertama yang hanya ada di Indonesia yaitu Rambutan. Rambutan merupakan buah yang berbentuk bulat dan warnanya merah dengan ditumbuhi rambut-rambut di sekitarnya yang banyak. Buah ini aslinya berasal dari Sumatera tetapi sekarang sudah meluas ke beberapa pulau lain bahkan sampai ke Papua dan negara tetangga ASEAN lainnya. Meskipun buah ini berasal dari Indonesia tetapi Indonesia bukan produsen terbesar yang memproduksi rambutan tetapi malah negara tetangga kita yaitu ada Thailand dan Malaysia. Meskipun begitu rambutan yang berasal langsung dari Indonesia lebih menyegarkan dan lebih nikmat.

2. Belimbing

Buah selanjutnya yang hanya ada di Indonesia yaitu Belimbing. Belimbing merupakan buah yang bentuknya seperti bintang yang memanjang berwarna kuning ke orange jika sudah matang yang rasanya manis, tetapi jika belum berwarna hijau dan rasanya sangat kecut sekali. Buah ini asli dari Indonesia khususnya dari kepulauan Maluku dan terus menyebar ke berbagai wilayah yang ada di Indonesia dari sabang sampai merauke. Bahkan ke berbagai negara di dunia hingga ke Amerika.

3. Jambu Air

Buah selanjutnya yang hanya ada di Indonesia yaitu Jambu Air. Jambu air merupakan buah yang berbentuk seperti berbentuk gasing dengan pangkalnya yang kecil dan ujung yang lebar. Buah ini asli Indonesia khususnya terletak di pulau Jawa yang hampir mirip bentuknya seperti jambu jawa.

4. Durian

Buah selanjutnya yang hanya ada di Indonesia yaitu Durian. Durian merupakan buah yang berbentuk lonjong kemudian kulitnya terdapat duri-duri yang runcing dengan warna kuning dan bau yang sangat sedap untuk orang yang suka dengan durian dan bau yang tidak sedap untuk orang yang suka dengan durian. Durian mempunyai rasa yang legit dan manis tetapi ada juga yang pahit.

5. Manggis

Buah selanjutnya yang hanya ada di Indonesia yaitu Manggis. Manggis merupakan buah yang berbentuk bulat yang memiliki kulit tebal dan mengkilap tetapi dalamnya sangat lunak. Kulit manggis berwarna ungu kehitaman dan rasa manis sedikit kecut. Di Indonesia manggis diproduksi paling besar di daerah Jawa Barat dan juga Banten.

Dunia kuliner Nusantara memang tak ada habisnya jika kita bahas satu per satu. Oleh sebab itu lah kita perlu melestarikan apa yang ada di dalam Indonesia untuk terus menjaga kelestarian bumi pertiwi. Sekian dan terimakasih.