Manfaat Besar Berolahraga

Olahraga merupakan anjuran yang sering disampaikan para praktisi kesehatan namun meskipun demikian seringkali kita membuat buat alasan mengapa kita tidak melakukan olahraga. Olahraga tak hanya dapat bermanfaat bagi kesehatan fisik kita, tetapi juga kesehatan mental kita. Orang yang berolahraga hidupnya akan jauh lebih sehat dan juga bahagia.

Olahraga adalah cara terbaik yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan tubuh kita agar dia dapat bekerja secara optimal. Sebagai orang yang peduli dengan kesehatan, saya ingin membagikan beberapa manfaat besar berolahraga. Semoga artikel ini dapat memotivasi anda untuk terus giat berolahraga setiap hari atau setidaknya seminggu sekali.

1. Mencegah Penyakit Mematikan

Beberapa penyakit mematikan penyebab utama kematian adalah jantung koroner, diabetes, stroke, dan kanker. Penyakit paling membunuh no. 1 di dunia berkaitan dengan kardiovaskular atau penyumbatan pembuluh darah seperti penyakit jantung yang terjadi karena terjadi penyumbatan pada pembuluh di jantung dan penyakit stroke yang terjadi karena penyumbatan atau pecah pembuluh darah di otak.

Dengan berolahraga maka nantinya tubuh akan mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang menyebabkan pembuluh darah tersumbat. Ini adalah cara yang sangat efektif untuk membantu mencegah seseorang terkena penyakit mematikan.

 

2. Memperkuat tulang dan menambah massa otot

Sebagian orang melakukan olahraga untuk menambah massa otot agar tampak lebih ideal. Sebenarnya manfaat olahraga jauh lebih besar dari sekedar memiliki tampilan yang lebih bagus saja. Massa otot seiring dengan usia akan semakin berkurang dan jika seseorang yang jarang berolahraga maka masa tua akan dilalui dengan tubuh yang lemah. Berbeda dengan orang yang masa mudanya dihabiskan dengan berolahraga maka nantinya saat masa tua akan dilalui dengan tubuh sehat dan bugar.

Hal yang sama juga terjadi pada tulang. Seseorang yang telah memasuki usia tua rentan mengalami pengeroposan tulang atau faktur yang merupakan penyakit osteoporosis. Oleh sebab itu penting bagi seseorang untuk melakukan olahraga yang dapat memperkuat otot dan tulang seperti sepak bola, basket, berlari dan lainnya.