Mengulik Tentang PNS. Pengertian, Kepanjangan dan Manfaat

PNS merupakan kependekan dari Pegawai Negeri Sipil, yang juga menjadi bagian dari ASN (Aparatur Sipil Negara). Sampai saat ini masih banyak orang yang belum paham tentang PNS adalah kepanjangan manfaat dan cara. Berikut ini beberapa jenjang karier yang dimiliki oleh  Pegawai Negeri Sipil. 

1.    Penata Muda

Jenjang ini merupakan pangkat PNS awal apabila Anda lulusan Sarjana S1. Penata Muda masuk ke dalam golongan III-a. Umumnya, jabatan pada awal masuk PNS yaitu sebagai Staf Operasional Dinas ataupun Badan.

2.    Penata Muda Tingkat I

Jenjang masuk golongan III-b. Jabatannya sendiri yaitu Kepala Seksi dan Kepala Sub Bagian. 

3.    Penata

 PNS yang masuk menjadi Penata maka mempunyai golongan III-c. Jabatannya hampir mirip dengan Penata Muda Tingkat I, yakni Kepala Seksi dan Kepala Sub Bagian.

4.    Penata Tingkat I

Penata Tingkat I merupakan golongan III-d. Jabatan dari jenjang yang satu ini adalah Sekretaris Dinas, Sekretaris Badan, Kepala Bidang, dan Kepala bagian.

5.    Pembina

PNS dengan jenjang Pembina telah masuk ke dalam golongan IV-a. Jabatan dari jenjang yang satu ini seperti Kepala Bagian, Kepala Bidang, dan Sekretaris Dinas. 

Sebagai PNS, tak jarang Anda juga memerlukan sebuah jas almamater. Oleh sebab itu, Anda bisa membuatnya di tempat konveksi yang terbaik seperti di  https://konveksi.co/almamater/. Kualitas yang ada di konveksi tersebut tidak perlu lagi diragukan. Desain dan jahitannya dijamin rapi dan memuaskan. Menerima juga pembuatan jas lain seperti jas almamater OSIS dan lainnya.

6.    Pembina Tingkat I

Jabatan dari Pembina Tingkat I seperti Sekretaris Bidang, Kepala Bidang, dan Kepala Bagian. Jenjang ini masuk dalam golongan IV-b.

7.    Pembina Utama Muda

Jabatan Pembina Utama Muda yaitu Sekretaris Direktorat Jenderal dan Sekretaris Badan. Golongannya sendiri yaitu IV-c.

8.    Pembina Utama Madya

Golongan yang dimiliki yaitu IV-d. Jabatannya yaitu Kepala Pusat, Kepala Biro, dan Sekretaris Badan.

9.    Pembina Utama

Ini merupakan pangkat tertinggi dari PNS yaitu golongan IV-e. Posisinya sendiri seperti Sekretaris Daerah, Direktur Jenderal, Inspektur Jenderal dan Sekretaris Jenderal. 

 

Itulah jenjang karier yang dimiliki oleh PNS. Banyak lagi hal lain mengenai PNS adalah kepanjangan manfaat dan cara.