Pengertian Kurikulum & Fungsinya

Istilah kurikulum sudah tidak asing lagi ya tentunya bagi kita semua, apalagi bagi anak pelajar saat ini. Kurikulum adalah aturan dalam suatu pembelajaran.

Nah mungkin ada sebagian diantara kita yang belum mengetahui dengan jelas apa itu kurikulum, langsung saja akan kita bahas arti kurikulum dan fungsinya.

Pengertian Kurikulum

Jika dilihat secara bahasa, kurikulum berasal dari bahasa Inggris yakni "curriculum" yang juga penyesuaian dari bahasa Yunani yakni "curir" yang berarti pelari, dan "curere" yang artinya tempat berpacu.

Sedangkan menurut istilah kurikulum adalah suatu istilah yang digunakan dalam dunia pendidikan yang berarti sejumlah mata pelajaran di sekolah maupun di perkuliahan untuk memperoleh ijazah atau dengan kata lain agar dapat naik tingkat.

Secara umum, kurikulum merupakan suatu perangkat pendidikan yang terdiri dari program studi dimana program tersebut diberikan kepada lembaga penyelenggara pendidikan, yang isinya adalah rancangan pelajaran yang diperoleh oleh suatu peserta didik dalam satu periode di jenjang pendidikan.

Sehingga jika disimpulkan oleh penulis bahwa kurikulum adalah suatu rencana atau bahan pembelajaran dari suatu lembaga yang nantinya akan dijadikan suatu pedoman dalam proses kegiatan ngajar mengajar.

Adapun para ahli yang menjelaskan mengenai kurikulum, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. John Foxton Kerr

Kurikulum adalah suatu sistem pembelajaran yang dirancang serta dilaksanakan secara individu maupun kelompok baik dalam kegiatan sekolah maupun diluar sekolah.

2. Harold B. Albertsycs

Kurikulum adalah suatu kegiatan yang disediakan oleh suatu lembaga untuk para siswa siswinya, baik di dalam sekolah maupun diluar sekolah.

3. J. Lloyd Trump dan Delmas F. Miller

Kurikulum adalah suatu bentuk hal yang berkaitan dengan proses pembelajaran baik itu metode belajar, program studi, bimbingan penyuluhan, evaluasi murid dan lain sebagainya.

4. UU No. 20 Tahun 2003

Kurikulum adalah suatu perangkat rencana serta pengaturan tentang tujuan, isi dari bahan pembelajaran, dan juga cara yang dapat digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran dalam mencapai suatu tujuan dari pendidikan tersebut.

Fungsi Kurikulum

Adapun fungsi dari kurikulum diantaranya adalah sebagai berikut:

Sumber Lengkap: https://www.pendidik.co.id/

1. Fungsi Integrasi

2. Fungsi Penyesuaian

3. Fungsi Diferensiasi

4. Fungsi Persiapan

5. Fungsi Pemilihan

6. Fungsi Diagnostik

Demikian penjelasan mengenai Pengertian Kurikulum & Fungsinya. Semoga dapat bermanfaat. Terimakasih 🙂