Pengertian Prestasi Menurut para Ahli

Dalam suatu proses belajar pastinya akan memperoleh hasil evaluasi dari pembelajaran yang didapat. Untuk hasil yang paling maksimal maupun yang paling tinggi pastinya disebut juga dengan prestasi. Maka dari itu pada kesempatan ini, izinkan kami untuk menjelaskan dengan detail mengenai apa itu pengertian dari prestasi, baik secara itu umum serta yang dikemukakan oleh para ahlinya, untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan berikut ini.

 

Pengertian Prestasi

Prestasi diperoleh dari hasil usaha yang telah dilakukan. Sehingga prestasi juga dapat diartikan sebagai hasil usaha yang sudah dilakukan seseorang yang membuahkan hasil.

Selain dari definisi yang telah dijelaskan diatas, di bawah ini adalah beberapa pengertian prestasi dari para ahlinya diantaranya yaitu.

 

Pengertian Prestasi Menurut para Ahli

1. WS. Winkei (1989)

Ia mengemukakan bahawa pengertian dari prestasi yaitu suatu hasil dalam pembelajaran yang ditunjukan oleh siswa berdasarkan kemampuan internal yang diperoleh sesuai dengan tujuan instruksional.

2. Bukhari M.Ed (1983)

Ia menjelaskan bahwa pengertian prestasi yaitu sebagai hasil yang telah dicapai

3. Kamus Bahasa Indonesia

Dikutip dari Kamus Bahasa Indonesia yang menjelaskan bahwa pengertian prestasi yaitu hasil yang sudah dicapai, dilakukan, dan  lain sebagainya.

4. Siti Pratini (2005)

Beliau berpendapat bahwa pengertian dari prestasi yaitu hasil dari seseorang pada suatu kegiatan pembelajaran.

5. Sumadi Suryabrata (1998)

Beliau menjelaskan mengenai pengertian dari prestasi yaitu sebagai rumus yang diberikan dari guru mata pelajaran tentang kemajuan maupun prestasi belajar dalam periode tertentu.

6. Sutratinah Tirtonegoro (1984:4)

Menurut pendapat dari Sutratinah Tirtonegoro yang menjelaskan bahwa pengertian dari prestasi belajar yaitu suatu bentuk dalam penilaian kepada hasil dari aktivitas transfer ilmu (belajar) yang dilakukan di sekolah serta diwakilkan dalam bentuk angka sebagai bentuk dari penilaian standar akan pencapaian oleh suatu peserta didik dalam rentang tertentu.

7. Asmara (2009:11)

Disini Asmara menjelaskan bahwa pengertian dari prestasi belajar yaitu suatu bentuk pencapaian atas usaha dari seseorang dalam penguasaan materi, serta dari keterampilan, dan pengetahuan yang ditunjukkan dalam bentuk nilai.

 

Itu saja penjelasan dari kami mengenai pengertian prestasi, semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Sumber : https://www.studinews.co.id/