Remot AC Rusak, Begini Cara Mudah Memperbaiknya

Dari sekian banyak masalah pada AC, terdapat salah satu masalah yang jarang diketahui, yakni remote AC tidak berfungsi. Bahkan tidak bisa untuk menyalakan, mematikan, hingga mengatur suhu AC.

Hal seperti ini juga menjadi masalah yang kerap terjadi pada AC. Biasanya, kerusakan tersebut dikarenakan human error, keteledoran pengguna, atau memang ada kerusakan di dalam remote tersebut. Maka dari itu, anda harus melakukan pemeriksaan untuk mencari masalahnya.

Sehingga, kerusakan pada remote AC tidak terpaku pada satu merk AC saja. Melainkan, semua merk AC juga bisa mengalami kerusakan pada remote. Mulai dari brand AC ternama hingga merk AC dari China. Meski begitu, kerusakan pada remote bukan masalah yang serius. Kita bisa menganalisa dan melihat beberapa penyebab kerusakan pada remote.

Namun jika anda ingin lebih cepat menggunakan AC tersebut, sebaiknya panggil teknisi AC. Salah satunya adalah petugas dari service AC di Bintaro. Sudah jelas bahwa setiap jasa servis AC memiliki remote.

Penyebab Remote AC Tidak Berfungsi dan Cara Mengatasinya

1 . Sensor AC rusak , terdapat 2 penyebab sensor AC rusak

  • Sensor AC terkena air ketika penyemprotan ke evaporator atau terkena tetesan air AC. Bisa diatasi dengan membersihkan air pada sensor dengan memakai hairdryer.
  • Sensor AC rusak dikarenakan pemakaian yang lama, cara mengeceknya adalah dengan mengukur menggunakan multitester. Lalu jika memang demikian, cara mengatasinya adalah dengan cara mengganti yang baru.

2.  Remot kontrol tidak berfungsi

Remot kontrol AC tidak berfungsi jika digunakan dari kejauhan. Kemudian hanya bisa berfungsi jika didekatkan dengan sensor. Solusi dari hal ini biasanya dengan mengganti baterai pada remot dengan baterai yang baru. Selain itu, anda bisa memeriksa remot control dengan menekan tombol remot control supaya bisa melihat apakah lampu led nyala atau tidak.

3.  IC control rusak

Kemudian khusus pada kerusakan IC control, tidak dapat dilakukan sendiri. Sebab terdapat banyak sekali jalur kaki yang menghubungkan fungsi dari masing-masing koneksi dari kaki IC. Solusinya adalah memanggil teknisi Service AC.

4.   Power supply atau regulator mati

Lalu yang terakhir, cara mengetahui regulator pada modul AC antara berfungsi atau tidak menggunakan DC Volt. Sebab regulator modul AC hanya menghasilkan 2 DCvolt, yakni 12 volt DC dan 5 volt DC. Caranya adalah dengan mengukur IC 7812 dan IC 7805.