Suket Odot untuk Pakan Kambing serta Cara Membuat Silase Rumput Odot

Rumput odot adalah salah satu jenis varietas dari rumput gajah, rumput ini sering juga disebut dengan sebutan Mott Elephant Grass atau Dwarf Elephant Grass. Rumput odot memiliki potensi yang sangat bagus untuk pakan ternak seperti sapi, domba, kambing.

Perbedaan yang terletak pada rumput odot dengan rumput gajah yakni rumput gajah atau dapat disebut dengan king grass biasanya  ditanam dan juga dibudidayakan oleh para peternak yang mempunyai ketinggian sekitar 4,5 m, sementara rumput odot hanya mempunyai ketinggian sekitar 1 meter, rumput odot ini  hampir mirip dengan pandan yang daunnya juga rapat-rapat. Rumput ini sangat efisien dalam hal penggunaan lahan untuk penanaman.

Suket Odot untuk Pakan Kambing

Rumput odot adalah solusi paling cocok untuk memberikan pakan hijauan untuk ternak kambing. BIla dibandingkan dengan berbagai jenis rumput yang lainnya, rumput odot merupakan yang terbaik. Sebab produksi pada hijauannya sangat tinggi, mengaritnya juga menjadi lebih cepat dan yang paling utama kambing gemar dengan jenis rumput satu ini.

Rumput odot dikenal memiliki palatabilitas yang cukup bagus untuk dipakai sebagai pakan kambing ataupun pakan domba. Sebab rumput ini mempunyai tekstur yang lebih lunak ketimbang rumput gajah ataupun rumput raja. Tak hanya itu, rumput odot ini tak berbulu seperti yang ada pada rumput gajah maupun rumput raja.Fakta yang terdapat jika rumput odot yang terbaik ialah menurut sebuah penelitian, yang diberi dengan pakan rumput odot kenaikan bobot ternak menjadi tertinggi ketimbang jenis rumput yang lainnya.

Kambing yang diberi dengan rumput odot menjadi naik sekitar 58,69 gram/ekor/hari. Sementara pada pakan rumput lapangan hanya naik sekitar 36,9 gram/ekor/hari. Rumput odot juga sangat baik untuk kambing etawa. Agar pertumbuhan kambing PE menjadi maksimal, pemberian odot dapat disertai dengan legum. Fungsi legum ini yakni sebagai sumber protein yang sangat baik untuk penggemukan serta pertumbuhan. Bila untuk memperoleh legum sulit, maka bisa digantikan menggunakan konsentrat.

Cara Membuat Silase Rumput Odot

Bahan-bahan:

  • Rumput odot bisa dipotong menggunakan mesin pemotong rumput
  • Molasses atau tetes tebu 3% dari bahan atau rumput
  • Dedak halus 5% dari bahan atau rumput
  • Em4 30 ml
  • Air dengan perbandingan 1:2 dengan tetes tebu
  • Drum berpenutup untuk silo
  • Plastik besar
  • Penyiram tanaman atau gembor
  • Ember

Cara Membuat:

  1. Pertama siapkan rumput odot, lalu potong atau dicacah dengan mesin pencacah rumput sampai kecil-kecil. Kemudian dikeringkan sampai kadar air menjadi sekitar 60% atau jika saat digenggam tak terlalu basah dan tak terlalu kering. Pengeringan ini bertujuan supaya hijauan tak cepat rusak selama proses penyimpanan.
  2. Kemudian campurkan molasses bersama dengan air dengan perbandingan 2 banding 1 dan beri tambahan EM4 sekitar 30ml ataupun secukupnya. Lalu diaduk sampai rata.
  3. Campurkan rumput odot beserta dedak halus sampai rata sembari disiram memakai penyiram tanaman atau gembor sampai merata seluruhnya.
  4. Setelah itu masukkan campuran rumput tadi kedalam drum atau silo dengan dipadatkan supaya tak ada rongga udara yang masih tersisa di dalam drum atau silo. Lalu lapisi dengan plastik saat sebelum ditutup supaya tak ada udara yang masuk. Setelah itu tutup hingga rapat dengan penutup drum.
  5. Silase bisa dibuka jika sudah 6-8 minggu, silase yang hendak diberikan pada ternak perlu diangin-anginkan terlebih dulu.

 

Demikian artikel yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang membaca.